pertemuan 1
Dosen Pembimbing : Tofan Tri Nugroho, S.E, M.M
ELEMEN STARTEGI PEMASARAN
Batan atau distribusi adalah bagian yang sangat penting karena perusahaan harus memposisikan dan mendistribusikan produk di tempat yang mudah di akses oleh pembeli potensial maupun targetnya.
>promotion (promosi)
Promosi adalah elemen atau komponen pemasaran yang bisa meningkatkan brand recognition dan penjualan.
startegi digital marketing
Dilihat dari strategi, digital marketing dapat dibagi menjadi dua jenis,
yaitu:
1) Push Digital Marketing
Push digital marketing adalah salah satu jenis yang metodenya menawarkan langsung produk ke pelanggan untuk mendapat hasil penjualan secara cepat. Biasanya strategi ini dilakukan pada produk
baru yang belum terlalu dikenal, dan tujuan utamanya adalah untuk exposure.
contoh:endrosment produk dari pemilik usaha ke para influencer.
2.) Pull Digital Marketing
Berbanding terbalik dengan strategi sebelumnya, pada pull digital marketing promosi yang dilakukan tidak terlalu frontal. Iklan jenis ini biasanya dibuat sedemikian rupa sehingga pelanggan tertarik dan bergerak untuk mencari tahu lebih banyak informasi tentang produk yang dijual. Tujuan utama dari pull digital marketing adalah untuk meningkatkan awareness serta loyalitas pelanggan.
contoh: konten SEO (Search Engine Optimization) di sebuah situs.
digital marketing dalam persepektif islam
1.kehalalan
Ini mencakup produk atau layanan yang dipromosikan, cara promosi, dan segala transaksi yang terjadi.
2.tidak menyesatkan
Informasi yang diberikan haruslah akurat dan jujur agar konsumen tidak tertipu atau diarahkan pada pembelian yang tidak sesuai.
3.keadilan
Tidak boleh ada diskriminasi atau penyalahgunaan kekuatan dalam bertransaksi.
4.ketidakberlebihan
Praktik digital marketing juga harus menghindari kegiatan yang berlebihan, seperti spamming atau penggunaan taktik yang mengganggu untuk menarik perhatian konsumen.
Komentar
Posting Komentar